Need Help? Talk to an Expert 0811-1231-551

Home Proses Registrasi Produk Olahan Pangan

Proses Registrasi Produk Olahan Pangan Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Pendaftaran Pangan Olahan, setiap Pangan Olahan yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran wajib memiliki izin edar. izinpom

Proses Registrasi Produk Olahan Pangan

Proses Registrasi Produk Olahan Pangan

Setiap Pangan Olahan baik yang diproduksi dalam negeri atau yang dimasukkan dalam wilayah Indonesia untuk diperdagangkan wajib memiliki izin edar. Izin Edar adalah persetujuan hasil penilaian pangan olahan yang diterbitkan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dalam rangka peredaran Pangan Olahan. Nomor izin edar sebagaimana dimaksud untuk pangan olahan produksi dalam negeri berupa tulisan “BPOM RI MD”yang diikuti dengan digit angka sedangkan nomor izin edar untuk Pangan Olahan produksi luar negeri berupa tulisan “BPOM RI ML” yang diikuti dengan digit angka. Untuk mendapatkan surat izin tersebut, makaPangan Olahan wajib didaftarkan terlebih dahulu di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia yaitu Direktorat Registrasi Pangan Olahan.

Izin Edar juga wajib untuk :

  1. Pangan Fortifikasi.
  2. Pangan SNI Wajib.
  3. Pangan Program Pemerintah.
  4. Pangan Yang Ditujukan untuk uji pasar.
  5. BTP

Proses Registrasi Produk Olahan Pangan

Tata Cara Registrasi Produk Olahan Pangan

  1. Permohonan Pendaftaran diajukan secara tertulis dengan mengisi Formulir Pendaftaran secara lengkap dan benar dengan Formulir Pendaftaran.
  2. Pengisian Formulir Pendaftaran harus menggunakan Bahasa Indonesia.
  3. Pendaftar menyerahkan Permohonan sebanyak 2 (dua) rangkap, 1 (satu) rangkap asli dan 1 (satu) rangkap salinan kepada kepala Badan Direktur.
  4. Permohonan Pendaftaran dilakukan penilaian sesuai dengan Penetapan Biaya Evaluasi.Hasil Penilaian sebagaimana dimaksud dalam pasal 50 ayat (2) dapat berupa : a. Diterima untuk dilakukan penilaian lebih lanjut. b. Dikembalikan untuk dilengkapi c. Ditolak.

Jenis Pendaftaran Produk Olahan Pangan

  1. Pendaftaran Baru yaitu Pendaftaran Pangan Olahan yang belum mendapatkan izin edar.
  2. Pendaftaran Ulang yaitu Pendaftaran perpanjangan masa berlaku izin edar pangan olahan. Apabila pangan olahan yang didaftarkan ulang telah mengalami perubahan, maka perusahaan harus melakukan pendaftaran variasi terlebih dahulu atau mengajukan pendaftaran baru.
  3. Pendaftaran Variasi yaitu Pendaftaran perubahan data pangan olahan yang sudah memiliki izin edar dengan tidak menyebabkan perubahan Nomor Izin Edar dan/atau perubahan biaya evaluasi.